Rabu, 29 Januari 2014

Makanan Khas Singkawang

Halo haloo
kali ini gue bahas tentang kota kelahiran gue lagi :3
karna gue suka makan tapi kaga pernah gemuk2 , jadi gue bahas makanan aja dah
CEKIDOT '3'

1. Bubur Pedas


Kalau ada yang bertanya pada Biak Sambas (Sebutan untuk anak Sambas) *disini sambas masih wilayah singkawang ya :3*, apakah makanan khas asal daerah Sambas..? Pastilah 99% mereka akan menjawab “Bubur Pedas”…karena sampai sekarang itulah makanan tradisional asal Sambas yang paling populer dan digemari semua kalangan…


Menurut namanya “Bubur Pedas” adalah makanan bubur yang pasti rasanya sangat pedas..Tapi tunggu dulu..!!.. lupakan soal nama Bubur Pedas tersebut karena yang akan anda temui adalah Bubur yang dibuat dari beraneka macam sayur tradisional,dimulai dari Pakis yang diambil daun dan pucuknya,daun lengkuas,daun kencur,daun daun rempah yang tak dapat saya sebutkan satu persatu. …


Bumbu utamanya adalah beras yang disangrai dan ditumbuk halus dicampur dengan kelapa parut yang ikut disangrai dan digiling halus,ditambah serbuk lada ketumbar dan macam macam bumbu yang lain…Tak salah Biak Sambas menyebut Bubur pedas dengan sebutan rajanya Bubur karena hampir semua bahan ikut dimasukkan…apa anda bisa membayangkan seperti apa bentuk dan rasanya.? .Tak usah dibayangkan karena ia tak pernah terlihat oleh mata anda sebelumnya,dan tak pernah ada makanan yang serupa denganya..ini lah makanan tradisional yang hanya akan kamu dapati bila kamu berkunjung ke Sambas.

Bahkan emak gue kalo mau bikin bubur pedas, kudu dikirimin bumbu mentahnya dari singkawang. Saking susahnya cari bahan rempah-rempah yg dibutuhkan di Jawa, bahkan ada yg ga ada. '-'

Dan wujud bubur pedas emang gitu ye, kayak muntahan .-. Tapi kalo lu nyicipin 1 kali aja mungkin loh mungkin lu bakal ketagihan, karena rasanya yang mantap akan rempah-rempah asli Indonesia dan juga bubur ini bener2 sehat karena berbagai macam sayuran dimasukkan di bubur ini '-'. Seperti kata pepatah, 'Don't Judge by its Cover'

*duh gue mendadak jadi pengen makan bubur pedas* -_-

2. Bubur Tahu

Duh, gue jadi ngiler liat gambarnya T.T

Buat yang penasaran ama rasa nya bubur tahu, kayak semacam tahwa gitulah. Bedanya cuma kalo tahwa kan pake kuah jahe. Kalau bubur tahu ini pake air gula tebu. Jadi buat yang gak suka jahe-jahean, kayak gue misalnya cocok banget makan nih bubur. Lebih enak kalo dimakan anget-anget dan cocok buat sarapan. Dan sialnya lagi nih bubur cuma bisa gue dapetin di singkawang. Di Malang kek nya belom ada -_-. Ini adalah makanan yang paling gue kangenin selama ini T. T #maapyaguecurcol '-'

3. Choi Pau Pan


Choi pau pan atau biasanya dikenal dengan choypan di Jakarta. Choi pau pan adalah kue yang terbuat dari tepung sagu yang dikukus dan diisi berbagai macam sayuran. Salah satu makanan yang tidak boleh dilewatkan. Tempat yang terkenal  ada di daerah Sakkok. Waktu yang paling pas untuk mencicipi Choi pau pan ini waktu sore hari.

4. Sop Mie Asin


Sop Mie Asin, Kuliner ini mungkin hanya ada di Singkawang,  Berbeda dengan bakso dan mie tiaw, yang bahan dasarnya adalah mie putih, Sop mie Asin sesuai dengan namanya dibuat dari mie asin. Soal rasa , hmmmm... tidak kalah nikmatnya dari bakso, apalagi kalau dimakan selagi panas trus pakai taburan kacang dan ikan teri goreng....wuhhh. maknyuss...

Sop Mie Asin kebanyakan dijual di kantin-kantin sekolah atau di warung warung jajanan kecil. Maklum saja , makanan ini mungkin masih dianggap makanan pinggiran.

5. Sotong Kangkung


Sotong?? Apa itu, banyak sebagian yang tidak tahu dan penasaran dengan makanan ini, mungkin sebagian orang melayu apalagi Pontianak akan amat fasih dengan bahan makanan ini, saya mendapat sedikit informasinya, Sotong atau "ikan" nus adalah binatang yang hidup di perairan, khususnya sungai maupun laut atau danau. Hewan ini dapat ditemukan di hampir semua perairan yang berukuran besar baik air tawar, air payau, maupun air asin pada kedalaman bervariasi, dari dekat permukaan hingga beberapa ribu meter di bawah permukaan. Sotong juga merupakan makanan sejenis seafood.

Sotong sering kali disalahtafsirkan sebagai cumi-cumi. Keduanya berbeda karena sotong bertubuh pipih, sementara cumi-cumi lebih berbentuk silinder. Selain itu, cangkang dalam sotong tersusun dari kapur yang keras, sedangkan pada cumi-cumi lunak. Jadi kesimpulannya berbeda ya…. Sotong bukan cumi cumi dan cumi cumi bukan sotong. Sotong merupakan makanan utama di wilayah Mediterania dan Asia Timur. Sama seperti seafood lainnya, sotong kaya akan kalsium dan protein tetapi rendah energi. Makanan yang bahan utamanya sotong merupakan sumber kolesterol. Cangkang dalam sotong biasa digunakan sebagai sumber kalsium bagi burung peliharaan. Tapi manusia juga mengkomsumsinya kok…..

Sotong kangkung singkawang 111 di pasar turi singkawang ini hanya menggunakan kangkung dan sotong saja, dengan bumbu yang dibuat berbeda, tidak mirip dengan rujak juhi namun sama-sama menggunakan bahan kacang goreng yang sudah ditumbuk halus, cara membuatnya juga tidak terlalu sulit, kangkung pilihan yang konon ditanam sendiri dan harus diair mengalir yang bersih dipotong2 dan diambil bagian mudanya lalu direndam dalam air panas mendidih beberapa waktu sampai lembut, dipotong lebih kecil dan disajikan dalam piring, sotong yang sudah direbus dan direndam dalam jangka waktu tertentu diambil dan dipotong-potong seperti korek api memanjang, dan ditaburkan di bagian atas, ditambah dengan taburan kacang tanah goreng yang sudah ditumbuk setelah itu disiram dengan kuah kanji yang berasa asam dan manis yang berasal dari asam jawa setelah itu ditambahkan sedikit kecap ikan dibagian atasnya. Kita bias menambahkan cabe khusus jika ingin terasa lebih pedas, cabe rawit giling dengan air dan cuka tanpa garam atau bawang putih.

Menurut informasi dari A Ngo sang pemilik dan peracik, kedai ini sudah dirintis sejak 30 tahun yang lalu, dan selain sotong kangkung disini juga ada sotong pangkong dan tidak ada jual ditempat lain, Oh ya??. Masyarakat singkawang sendiri memang mempunyai kebiasaan untuk ngumpul malam dan tentu saja untuk nyamil, makanan cemilan yang kaya serat dan baik untuk pencernaan, silakan untuk menikmatinya pada malam hari dan siap siap untu menemukan kemeriahan singkawang pada malam hari.

6. Bubur Gunting


BUBUR GUNTING merupakan salah satu kuliner khas Kota Singkawang. Makanan khas ini terbuat dari roti goreng (Cakwe)yang digunting gunting pendek berbentuk dadu dan  diberi  kuah kental manis dari kacang ijo dan kanji. Makannya saat masih panas. Soal rasa. hmm... unik.. karena ada rasa manis dan agak asin.

BUBUR GUNTING merupakan kuliner khas warga Tiong Hua, namun penggemarnya berasal dari semua kalangan. Makanan ini dijual menggunakan gerobak keliling di sekitar pasar atau mangkal di dekat toko-toko yang ada di Kota Singkawang.

7. Pedak / Pudak 


Pedak adalah makanan tradisional yang berasa dari suku melayu, tepatnya Singkawang, pedak terbuat dari udang rebon yang di vermentasikan dengan garam kasar yang baik untuk tubuh. Pedak ini biasanya berwarna merah muda karena saat proses pembuatannya ditambahkan pewarna makanan supaya makanan tradisional ini terlihat menarik tetapi tidak berbahya bagi tubuh. Pedak dulu hanya dibuat oleh suku melayu dengan jumlah yang sedikit karena hanya untuk komsumsi sendiri dan belum diperjual belika, tapi sekarang pedak dibuat hampir semua suku yang ada di singkawang tetapi yang lebih banyak membuat makanan tradisional ini adalah orang-orang cina singkawang yang lebih banyak memproduksi makanan tradisional ini karena mereka-mereka lebih baik untuk memebuat makanan tradisional ini dan menghasilkan makanan tradisional ini lebih enak dari pada orang-orang melayu walaupun makanan tradisional ini berasal dari suku melayu tetapi tidak semua orang cina dan orang melayu pandai membuat makanan tradisional ini.

Makanan tradisional suku melayu ini sangat disukai hampir semua orang yang ada di singkawang karena makanan ini banyak terdapat di pasar-pasar tradisional dan warung-warung yang berada dekat rumah-rumah penduduk singkawang dan harga makanan tradisional ini tidak terlalu mahal. Makanan tradisional ini bisa dimasak menjadi dua menu masakan ,pertama dengan Cara hanya dengan ditumis tanpa menggunakna minyak beberapa menit dan memberi  bawang merah dan cabai atau dengan menyampurkan perasan jeruk sambel dan siap untuk dimakan dengan nasi panas. 

8. Sambal Belacan


Belacan merupakan salah satu makanan yang dibuat dari udang kara yang telah dimampatkan dan bersifat tahan lama. Belacan ini dibuat dari udang geragau atau isi udang laut yang berukuran kecil dan bisa disimpan dalam jangka waktu lama sehingga bisa dibuka ketika dibutuhkan untuk campuran masakan. Belacan mentah memang berbau agak busuk makanya diperlukan wadah pembungkusan atau penyimpanan yang baik supaya bau busuk agak bisa dikurangi. Selama ini, memang proses pembuatan Belacan ini masih dilakukan secara tradisional namun beberapa industri komersial sudah membuat Belacan lebih profesional dan berhaluan industri dan terbukti usaha mereka mendapatkan kesuksesan.

Belacan ini telah ada sejak tahun 1805 sehingga pantas saja kalau nama masakan yang satu ini cukup dikenal di kalangan masyarakat lokal yang kemudian menyebar dan ditularkan kepada turis asing. Pada dasarnya, Belacan ini bisa diolah menjadi berbagai masakan seperti dibakar atau dibuat sambal. Biasanya orang membakar Belacan supaya baunya sedikit bisa diminimalisir. Atau mereka yang suka menjadikannya sebagai sambal, maka bisa diolah menjadi sambal Belacan yang rasanya sangat nikmat.

Cabai dan Belacan ini dicampurkan kemudian ditumbuk sampai halus sehingga menghasilkan rasa yang maknyus. Belacan yang biasanya dijual di kedai runcit, di tepian jalan ataupun pasaraya pada umumnya dihasilkan oleh pengusaha setempat. Jika Anda hendak membelinya maka harus cermat dalam memilih dan membelinya dengan terlebih dahulu memeriksa bungkusan, tanda kehalalan, nama pembuat dan juga bau Belacannya sendiri.

Patut diketahui pula bahwa ada sebagian pembuat Belacan yang tidak pandai dalam menjaga kebersihan terutama ketika menjemur sehingga mereka dengan bebasnya meletakkan Belacan diatas tanah atau diatas tempat yang rendah sehingga dengan mudahnya kucing, anjing, ayam dan lainnya bisa menjangkau dan menjatuhkannya. Para pembeli Belacan juga harus berhati-hati karena bisa saja pembuatnya mencampurkannya dengan bahan pewarna berbahaya semisal Rhodamine B yang bisa menyebabkan penyakit kanker. 

Sumber: 
http://bert972.blogspot.com/
http://singkawangharmony.blogspot.com/
http://dodonjerry.blogspot.com/
http://ridhorezeki.blogspot.com/

5 komentar:

Annisa Mega mengatakan...

keren. Gue asli sambas loh.

dodon jerry mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
dodon jerry mengatakan...

Singkawang dan pontianak emang juara makanannya...... ngga ada lawan

Kiyai kanjeng dimas taat pribadi mengatakan...

SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

…TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

**** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

…=>AKI KANJENG<=…
>>>085-320-279-333<<<






SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

…TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

**** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

…=>AKI KANJENG<=…
>>>085-320-279-333<<<

Mila Firdaus Yusuf mengatakan...

Salam kenal mba Wulan, aku orang Sambas tapi stay di bekasi...Aku justru belum pernah makan tuh bubur tahu ama sotong kangkung hehehe...

Posting Komentar