Kamis, 13 Maret 2014

Learn About FanFiction!


Apakah Fanfiction itu?

Fanfiction atau Fanfic/FF merupakan karya fiksi orisinal yang didasarkan pada tokoh-tokoh dan atau lokasi serta situasi yang diambil dari suatu karya asli (film, buku, video game, dll) yang mempunyai hak cipta. Meskipun fanfic berisikan tokoh, lokasi, serta situasi yang diambil dari karya asli, tetapi penulis fanfic tidak memiliki hak hukum, dalam hal ini hak cipta, atas tokoh, maupun lokasi/situasi tsb.

Biasanya penggemar atau fans menulis fiksi tersebut untuk mewujudkan gagasannya tentang para tokoh dan atau situasi dari karya asli, yang tidakk diwujudkan oleh penulis aslinya.

Lebih jauh lagi, biasanya motivasi para penulis fanfic ini adalah untuk kepuasan batin belaka, sama sekali tidak ada motivasi komersil.

Apa saja genre yang ada di Fanfiction?

Genre adalah kategori fanfiction. Ada beberapa genre dan perbedaan istilah yang digunakan. Nah, di bawah ini beberapa genre yang sering digunakan dalam Korean fanfiction.

Action/Adventure: FF yang berisi kisah petualangan tokohnya, dengan kemungkinan adegan perkelahian/pertempuran.

Alternate Universe: Situasi yang berbeda dengan yang dibangun dalam canon-nya/kehidupan sebenarnya/cerita aslinya. (Di EXO fanfiction kita sering mendengar istilah Mama!AU, artinya situasi FF yang digunakan sama seperti yang ada dalam MV Mama. Contohnya FF Zodiac by black_goose & umberela).

Angst: FF yang melibatkan tingkat kecemasan tinggi dengan permainan emosional, fisik dan mental yang membuat pembacanya dapat merasakan perasan yang sesak dan dapat menitikkan air mata. Biasanya berakhir sad ending.

Band Fic: FF yang yang memfokuskan pada keseluruhan grup tokoh (biasanya dalam fanfiction boy band atau girl band).

Bromance: FF dimana tokoh laki-laki menunjukkan sifat kasih sayang kepada tokoh laki-laki lainnya (biasanya sebagai pasangan), tapi berbeda dengan Incest yang melibatkan pasangan saudara sedarah.

Brothership: FF yang menceritakan tentang hubungan tokoh laki-laki dengan tokoh laki-laki lainnya sebagai kakak atau adik .

Comedy/Humor: FF yang mengandung unsur komedi dan humor .

Crack: FF dengan plot cerita yang mengejutkan, tiba-tiba berubah, dan tidak umum.

Crime: berpusat pada hal-hal yang dianggap criminal (kejahatan)

Crossgender: FF dengan tokoh berubah gender dari karakter aslinya. (Misalnya aslinya cowok, tapi di FF dia sebagai cewek).

Death Fic: FF yang tokoh utama atau salah satu tokohnya mati dengan tragis.

Drama: FF mengutamakan pada konflik emosi dan bertujuan membuat pembaca terhanyut dalam cerita. Biasanya dalam genre drama semua permasalahan ada.

Divergence: Cerita yang mulanya berangkat dari fakta yang sama dengan canon-nya, kemudian pada titik tertentu berbelok memasuki situasi karangan penulisnya yang berbeda dengan canon-nya. Contohnya FF Light by Lighthan13.

Family: FF yang menceritakan tentang hubungan kekeluargaan.

Fantasy: FF di mana author menciptakan dunianya sendiri (dream land). Sebuah dunia alternatif yang berada dalam legenda atau mitos zaman dulu. Biasanya melibatkan sihir, unsur mistik, atau hal-hal supranatural.

Fluff: FF yang pendek, namun ceritanya manis/menyenangkan dan happy-ending.

Fluffy Angst: sebuah gaya cerita yang awalnya sangat gelap dan suram, tapi berakhir manis dan bahagia. Biasanya berlebihan.

Friendship: FF tentang persahabatan.

Gore: FF yang penuh dengan darah, kekerasan, pembunuhan, dan hal-hal lain semacamnya. Contohnya FF 48 Hours by 辛辛息息.

Het, Het Fic: Kepanjangannya Heteroseksual yang berarti hubungan normal (straight) antara laki-laki dan perempuan.

HGTG (Hero Gets The Girl): tokoh utama pria harus ‘jadian’ dengan tokoh utama wanita

Historical: FF yang mengambil latar waktu berbeda. Istilah lain yang sering digunakan adalah Alternate Timing (Waktu/masa dalam cerita fanfic itu berbeda dengan waktu/masa pada cerita asli)

Horror: FF yang berisikan cerita seram dan menakutkan.

Humor: genre yang mengusung unsur lucu, sehingga bisa membuat pembaca tertawa.

Hurt/Comfort: FF yang memiliki sisi hurt (sedih/menyakitkan) tapi juga memiliki sisi comfort (menenangkan). Contoh sederhana FF Baby Don’t Cry.

Life : Aliran yang mempunyai konflik tentang kehidupan. Seperti, kejujuran, persahabatan, dll.

Lolicon: sebuah kisah percintaan yang mana salah satu pasangannya adalah gadis muda  dan perbedaan usianya lebih dari 15 tahun.

Married-life: Menceritakan tentang kehidupan sebuah pernikahan.

Mystery/Suspense: FF yang berisikan cerita misteri/menegangkan. Berkaitan dengan kejahatan atau ada suatu kasus tertentu.

Non-Canon: FF yang berisikan hal-hal yang bertentangan dengan kehidupan aslinya, kebalikan dari Canon.

Parody: Hampir sama dengan humor, hanya saja unsur lucunya terletak diakhir cerita dan tidak disangka olah kita. Parody biasanya digunakan untuk menyindir karakter, plot, bahkan realita yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari

Poetry: fanfict yang dikemas dalam sebuah puisi.

Psychology: FF yang berisikan unsur-unsur psikologi seperti kepribadian ganda dan gangguan kejiwaan lainnya.

PWP: Plot What Plot, FF yang tidak memiliki plot yang jelas dan biasanya sangat pendek. Atau bisa juga diartikan Porn Without Plot, hanya berisi unsur seksual, tidak ada plot yang membangun cerita.

Romance: FF yang berisikan kisah percintaan (dan pastinya genre ini paling sering ditulis).

Sad: FF yang berakhir (atau di sepanjang alur ceritanya) menyedihkan.

Science Fic: Kependekan dari “science-fiction”. Sebuah fiction yang mengandung unsur ilmiah, seperti Science dan IPTEK yang melibatkan teknologi dan hal-hal yang modern. Contohnya FF Revolution by purpleskies.

School-life: Menceritakan tentang kehidupan dengan latar sekolahan.

Song Fic: Fanfiction yang terinspirasi dari lagu.

Slash, slash fic: FF yang mengandung hubungan percintaan antara sesama jenis.

Smut: FF yang berisi penggambaran adegan seks.

Supernatural: FF yang bercerita mengenai kemampuan yang diluar batas manusia. Seperti sixth sense (indra keenam), kemampuan meramal, dll.

Suspense: fict yang menimbulkan perasaan penasaran dan tegang. Identik dengan cerita kejahatan atau detektif, tapi itu bukanlah hal mutlak.

Thriller: Fokus ke adegannya yang dipenuhi kejutan dengan alur cepat dan melibatkan ancaman fisik karakter. Seperti, pembunuhan atau mutilasi.

Tragedy: FF yang menceritakan kesedihan dan hal-hal tragis yang menguras air mata. Kadang dikisahkan penyiksaan salah satu karakter.

Western: genre yang mengangkat kehidupan Amerika zaman dulu, seperti koboi.

Yaoi – Shounen-Ai: Kisah percintaan antara laki-laki dan laki-laki, biasanya hanya untuk orang dewasa. Banyak yang salah mengartikan antara yaoi dan shonen-ai. Yaoi lebih mendeskripsikan mengenai adegan seksual (biasanya eksplisit), sedang shonen-ai lebih berfokus pada kisah percintaannya dan tidak mengandung unsur lemon eksplisit.


Yuri – Shoujo-Ai: Sama dengan yaoi, hanya saja yuri percintaan antara wanita dan wanita.

Kalau Rating?

Pemberitahuan pada pembaca, tahap umur mana yang sesuai untuk membaca FF ini. Biasanya didasarkan pada MPAA Rating (Motion Picture Association of America) yang digunakan pada film.
Rating ini terdiri atas:

G -General Audience
Semua Umur. Ini menunjukan bahwa cerita ini tidak mengandung hal-hal yang oleh orangtua dipandang berbahaya bahkan untuk anak terkecil sekalipun. Penggambaran tubuh telanjang, adegan seks, penggambaran penggunaan narkoba sama sekali tidak ada, kekerasan minimal, percakapan tidak menyerempet kata-kata yag tidak layak didengar

PG -Parental Guidance Suggested
Beberapa hal mungkin tidak sesuai untuk anak. Adegan seks dan penggunaan narkoba sama sekali tidak ada. Penggambaran tubuh telanjang mungkin ada meski hanya sekilas, kekerasan dan horor tidak melebihi batas

PG-13 Parents Strongly Cautioned
Beberapa hal mungkin tidak sesuai untuk anak di bawah usia 13. Meski adegan seks, penggambaran tubuh telanjang, dan kekerasan yang berlebihan masih tidak ada, namun mungkin sudah ada penggambaran penggunaan narkoba, dan makian menggunakan istilah seks.

R -Restricted
Mereka yang di bawah 17 tahun memerlukan pendampingan orangtua (usia bervariasi, tergantung tempat). Sangat mungkin mengandung bahasa yang kasar, tema dewasa, kekerasan, adegan seks dan penggambaran penggunaan narkoba

NC-17 -No One 17 and Under Admitted

Jelas-jelas tidak boleh dibaca oleh mereka yang berusia di bawah 17, karena sangat mungkin mengandung adegan seks yang eksplisit, bahasa yang sexually-oriented, kekerasan yang berlebihan.

Kids
Berarti FF ini bisa di baca oleh anak kecil

Teen 
FF ini menceritakan kisah para remaja dan agak-agak kurang pas kalau di baca sama anak-anak yang belum masuk kategori remaja.

Mature
Cerita untuk orang-orang yang udah berpikiran dewasa

Adult
Udah pasti untuk dewasa dan biasanya bahasa yang di gunain agak berat dan bikin otak berfikir keras.

Panjang FanFic / Length & Type

Drabble: Terdiri dari 100 – 200 kata. Drabble adalah jenis fanfic terpendek/sangat pendek.

Ficlet: Lebih panjang dari drabble, kira-kira sekitar 500 – 800/900 kata.

Vignette: Cerita pendek yang maximum kata nya 3000, lebih dari 1000 kata tapi kurang dari 2000 kata (lebih panjang dari Drabble tapi lebih pendek dari Ficlet)

Oneshot: Oneshoot hampir menyerupai sebuah cerpen. Terdiri dari 2000 – 3000 kata. Biasanya sebuah cerita oneshoot akan langsung tamat.

Double shot / Two shots: Cerita yang terdiri atas dua bagian (dua chapter)

Short story: Cerita bersambung yang lebih sedikit daripada “Chaptered Fanfic”. Biasanya hanya terdiri dari 4 – 5 Chapter.


Chaptered / Series Fic: Cerita bersambung yang hampir menyerupai novel. Biasanya akan lebih dari 10 chapter. Boleh memiliki lebih dari satu konflik.

Filk: Fanfiction yang berupa lagu. Jadi dari lagu yang sudah ada di ambil iramanya saja dan liriknya dig anti dengan fan fiction.

Anti-Fic: FF yang bertujuan untuk membunuh karakter tokoh utama. Kalau fiction itu membahas soal seorang artis, maka tokoh artis tersebut akan di lecehkan dalam FF nya sehingga karakternya mati. Bisa di sebut juga death-fic, revenge-fic atau slasher-fic.

Divergence: Hampir sama dengan alternative universe, tapi dalam divergence cerita awalnya sesuai dengan fakta yang ada. Baru di titik tertentu berbelok memasuki area imaginasi pengarang yang berarti berbeda dengan aslinya.

Ficathon: Fiction + Marathon, udah pasti ini cerita yang di kerjain ngebut yang di persembahin untuk seseorang dan sebagai balasannya pengarang akan dapet FF dari seseorang yang dia tuju itu.

Istilah lain yang ada di Fanfiction

AU (Alternate Universe):  fanfiction yang dibuat dengan situasi dunia yang berbeda dengan cerita aslinya

AT (Alternate Timeline):  Fanfiction yang dibuat dengan setting waktu yang berbeda dengan cerita aslinya

OTP (One True Pairing) : Bisa di bilang ini kayak tokoh favorite kita tiap nulis FF, tapi gampangnya sebut aja pasangan trademark seorang penulis. Misalnya si A kalau nulis FF pairingnya B sama C terus gak pernah ganti kayak B sama D, soalnya si pengarang percaya kalau B sama C bakalan jadi trademark couple.

Original Character (OC) / Other Cast / Other Character : Artinya karakter ini murni buatan si pengarang, yang mana adalah imajinasi. Buat karakter cewek biasanya OFC dan cowok OMC tapi biar singkat langsung OC juga gak apa-apa.

Out Of Character (OOC) : Arti pastinya karakter yang di bangun di luar karakter aslinya.

RI (Reader Insert) : Dimana sang penulis memasukan readernya sebagai tokoh dalam FF nya

SI (Self Insert) : Masukin diri sendiri kedalam karakter FF

IC (In Character) : Berarti karakter tokoh utamanya sesuai dengan karakter aslinya.

Cross Gender: Pertukaran jenis kelamin. Yang aaslinya cowok di dalam FF diubah menjadi cewek dan sebaliknya

Uke: Istilah dalam Yaoi. Yaitu yang laki-laki bersifat seperti perempuan.


Seme: Istilah dalam Yaoi. Yaitu tetap bersifat seperti laki-laki.

Disclaimer: Pesan dari penulis fanfiction yang menyatakan bahwa plot adalah karya fiksi, miliknya sendiri, hanya untuk kepentingan entertainment, dan tokoh-tokoh yang digunakan bukanlah hak cipta miliknya.

POV : Point Of View, atau sudut pandang.

Sumber: http://readfanfiction.wordpress.com/http://exofanfiction.wordpress.com/

0 komentar:

Posting Komentar