Minggu, 23 Februari 2014

Jajanan Ala Korea Selatan



Kalau berkesempatan jalan-jalan ke Korea Selatan, khususnya ke Seoul, kayanya belum lengkap kalau enggak mencoba jajanan alias makanan yang dijual di tenda-tenda pinggir jalan. Soalnya jajanan pinggir jalan ini memang terkenal banget akan kenikmatan dan keanekaragamannya. Makanya Seoul juga sering disebut sebagai surganya makanan. Selain rasanya yang yummy, harganya pun cukup terjangkau dan gampang banget ditemukan. Khususnya di daerah pusat perbelanjaan. Pokoknya dijamin bikin ngiler pengin coba.

1. Ddeobokki



Ddeobokki ini adalah kue beras yang teksturnya kenyal mirip ulen dan dimasak dengan saus pedas yang terbuat dari pasta cabai khas Korea (gocujang) dan bubuk cabai juga bawang bombay dan daun bawang. Kita bisa menikmati ddeobokki langsung di warung tendanya atau dibawa pulang menggunakan gelas kertas. Di beberapa rumah makan, ada juga yang menjual ddeobokki yang divariasikan dengan ramen, telur, sosis bahkan keju mozarella di atasnya. Satu porsi ddeobokki biasa bisa kita dapatkan dengan harga 2.500 -3.500  Won atau sekitar Rp20 - 0 ribu.

2. Hoeddokk


Sejenis pancake tapi digoreng dengan minyak dan berisi adonan kacang tanah, biji wijen djuga madu yang dihaluskan. Terkadang ada juga variasi lain yang berisi sayuran atau versi asin. Hoeddokk yang paling terkenal ada di daerah Insadong. Makanan ini juga jadi favorit banget saat musim dingin tiba, soalnya paling enak dimakan panas-panas. Satu buah hoeddokk harganya 900 Won atau sekitar Rp 7.000 -8.000.

3. Kkochi Eomuk


Eomuk artinya kue ikan, kkochi eomuk berarti kue ikan yang ditusuk mirip sate. Terbuat dari adonan tepung terigu dan ikan yang kemudian di masak dalam kuah kaldu yang terbuat dari lobak, rumput laut dan bumbu lain yang jadi rahasia sekaligus ciri khas masing-masing penjual. Biasanya dimakan dengan dicelupkan sedikit pada kecap asin, dan kuah kaldunya diminum memakai gelas kertas. Harganya berkisar antara 700 - 1000 Won atau sekitar Rp 6 - 8 ribu.

4. Twigim


Twgim bisa dibilang gorengan kalau di Indonesia atau tempura kalau di Jepang. Initinya adalah makanan yang dibalut adonan tepung dan digoreng dengan minyak yang banyak hingga garing. Jenisnya bnayak, ada yang beruba sayuran, ubi, cabai, udang, gurita, sampai belut. Biasanya dimakan dengan dicelupkan pada kecap asin atau disiram dengan sedikit saus pedas ddeobokki. Satu porsi biasanya dijual seharga 2.000 - 3.000 won atau Rp 16 - 24 ribu.

5. Hewori Gamja


Gamja artinya kentang. Hewori gamja maksudnya adalah kentang tornado. Dinamakan begitu karena bentuknya yang melingkar spiral seperti angin tornado. Dibuat dari satu buah kentang yang dipotong tipis kemudian ditancapkan pada tusukan dan dicelupkan pada adonan tepung lalu digoreng hingga garing. Biar tambah yummy, biasanya suka diberi bumbu seperti kentang goreng, dengan berbagai rasa. Daerah Myeongdong dan Hyehwa adalah dua tempat yang terkenal akan hewori gamjanya yang nikmat. Satu tusuk hweori gamja dihargai antara 2.500 -3.000 Won atau sekitar Rp20 -25 ribu.

6. Bongeobbang


Ini adalah roti yang berbentuk ikan dan berisi adoanan kacang  merah yang manis. Bentuk ikan dari roti ini melambangkan keberuntungan dan disukai banget sama anak-anak. Rasa rotinya sendiri manis, mirip dengan pancake dan bisa banget bikin kita kenyang. Bongeobbang biasanya dijual dengan harga kurang dari 2.000 Won atau kurang dari Rp 16.000

7. Mandu


Mandu artinya pangsit. Tapi pangsit Korea ini beda dengan pangsit di Indonesia, lebih mirip dengan pangsit khas China. Mandu ini ada yang ukurannya kecil dan ada yang besar. Isinya pun beragam. Mulai dari yang manis seperti adonan kacang merah sampai yang gurih atau asin seperti daging, mie dan kimchi. Mandu ini juga bisa digoreng atau dikukus, sesuai dengan selera kita. Tergantung dari ukuran dan isinya, satu porsi mandu biasanya dibanrol seharaga 1.000 - 2.000 Won atau sekitar Rp8.000 - 16.000

8. Kkultarae


Kkultarae adalah salah satu kudapan manis khas Insandong. Kalau dilihat-lihat makanan ini bentuknya mirip seperti pupa kepompong berwarna putih terbuat dari benang-benang halus.
Kkultarae ini terbuat dari madu yang dikeraskan kemudian dicampur dengan tepung gandung dan dibuat dengan cara unik menggunakan tangan, dibentuk seperti benang-benang kemudian diisi dengan potongan kacang. Kkultarae sendiri memiliki arti gulungan madu. Untuk membelinya, makanan ini dibanderol rata-rata satu kotaknya seharga 5000 won atau sekitar Rp 40.000.

9. Gukhwappang


Gukhwappang juga menjadi jajanan kaki lima yang paling enak dinikmati saat musim dingin. Kudapan ini adalah roti isi pasta kacang merah. Terbuat dari adonan tepung yang dimasak dalam cetakan bunga krysan. Diberi nama gukhwappang karena bentuknya yang cantik dan mungil. Kudapan manis ini dibanderol dengan harga 1000won atau sekitar Rp 8000 setiap kantongnya.

10. Hodugwaja


Sebenarnya hodugwaja cara pembuatannya hampir mirip dengan gukhwappang yang terbuat dari adonan tepung. Bedanya hodugwaja dicetak dalam bentuk biji kenari dan diisi dengan pasta kacang merah dan sepotong kenari didalamnya. Godugwajapun populer sebagai hadiah maupun buah tangan. Sekantong kudapan ini dibanderol dengan harga 3000 won atau setara dengan Rp 24.000 dan 10.000 won untuk satu kotak hodugwaja yang biasa dijadikan oleh-oleh atau sekitar Rp 80.000.

11. Dak-kkochi


Bila kamu penggemar olahan daging ayam, wajib coba makanan khas Myeondong ini. Yap bentuknya sama seperti satai ayam. Dak-kkochi sendiri adalah potongan daging ayam tusuk dan dimasak seperti satai ayam. Kudapan ini pun terdiri dari dua rasa, dengan saus pedas atau saus manis. Untuk menikmati satu tusuk dak-kkochi kamu harus mengeluarkan uang sekitar 2000 won atau Rp 16.000.

12. Sundae


Sundae dibuat dengan isian usus babi dengan campuran beras ketan, mie, sayuran dan sosis yang direbus. Biasanya, dimakan dengan tambahan garam atau kaldu tteokbokki.

13. Hoppang


Hoppang juga bisa diplih untuk menghangatkan badan chingudeul saat malam dah udara sedang dingin. Hoppang ini mirip dengan Bakpao namun memiliki isi yang lebih beragam dari Bakpao. Isi dari Hoppang ini seperti sayur-sayuran, kacang merah, daging, toping Pizza, dll. Penjual Hoppang pun sangat mudah ditemukan di pinggiran jalan, di stasiun subway, dll.

14. Bbopki


Sebuah permen tradisional Korea yang terbuat dari gula yang dikaramelkan dan sejumput baking soda. Bbopki biasanya dibentuk menjadi disk bulat atau dicetak ke tongkat seperti lolipop. Kamu dapat menemukan Bbopki di jalan-jalan di kota Korea. Bahan-bahan yang sederhana dan tidak memerlukan kios untuk berjualan, seringkali anda menemukan penjual-penjual Bbopki hanya duduk di belakang sepiring panas Bbopki di atas meja.

15. Sosis French Fries Stick


Sobat yang tengah berada di Korea, jangan pernah lewatkan untuk mencicipi jajanan unik Korea yang satu ini. Namanya Sosis French Fries Stick, dimana makanan ini terbuat dari sosis kemudian ditusuk dengan enggunakan stick kemudian dibungkus dengan adonan tepung terigu kemudian diberi potongan kentang diatasnya kemudian digoreng. Setelah matang atasnya diberi mayones dan saus, enak banget kan?.

16. Ddong Pang


Di Korea selatan sobat pasti menemukan jajanan unik di pinggir jalan seperti yang satu ini namnanya kue Ddong Ppang. Kue ini bentuknya sangat unik yakni menyerupai kotoran, namun jangan salah rasa kue ini sangatlah lezat yang merupakan jajanan favorit orang Korea. Konon katanya jika memakan kue ini akan beruntung karena kue ini dipercaya menjadi kue keberuntungan .

17. Ice Cream 30 cm


Jajan yang satu ini terbilang unik, keunikannya terdapat pada panjang ice sekitar 30 cm. Sobat bisa menemukan ice cream ini dipinggir jalan. Rasanya cukup lezat bagi lidah orang Indonesia . dijamin makan ice cream ini akan membuat kamu terasa kenyang loh hehehe.

18. Gunbam (Chestnut Panggang)


Chingudeul pernah mencoba Chestnut panggang? Nah saat di Korea Selatan, sangat banyak penjual chestnut panggang dipinggir jalan dan di dekat stasiun. Kacang ini sangat populer dikalangan warga Korea Selatan pada saat musim dingin dimana kacang ini panen. Harganya sangat murah sekitar 3.000 won/ kantong.

19. Gyeranppang (Kue Telur)


Gyeranppang merupakan roti yang didalamnya diisi telur. Roti ini sangat nikmat dan dan memiliki protein tinggi. Telur yang digunakan biasanya telur ayam atau telur puyuh. Kue ini biasa dijual bersamaan dengan Bungeobbang atau Gukhwabbang. Harganya cukup murah sekitar 1.000 won/3 buah.

20. Odeng


Bagi chingdueul yang suka akan kuliner berbahan ikan, jajanan pasar yang harus dicoba adalah Odeng/Eomok. Odeng merupakan kuliner dari olahan ikan dan tepung yang dimasak dengan cara ditusukan ke tangkai kecil dari bamboo lalu direbus didalam kaldu. Eomok biasa dijual bersamaan dengan Tteokbokki. Harga Eomok berkisar 1.000 won/tusuk.

21. Roti Gonggal


Roti Gonggal atau Roti Bohong adalah roti yang cukup favorit di Korea Selatan baru-baru ini. Roti yang terbuat dari tepung dan memiliki isi berupa kacang dan biji wijen ini memiliki harga yang murah sekitar 700 won/buahnya. Mengapa disebut Roti Bohong? Hal ini dikarenakan walaupun bentuknya cukup besar, namun bila dibelah akan terlihat rongga yang cukup besar lho ^^.

22. Kimbap


Gimbap atau kimbap adalah makanan ringan khas Korea yang sangat digemari. Gimbap dibuat dari nasi yang digulung dengan rumput laut kering yang disebut gim. Isi dari gimbap dapat bermacam-macam, seperti daging, sosis atau omelet. Gimbap dipotong menjadi ukuran kecil dan disajikan dingin, biasanya disajikan dengan danmuji dan kimchi.

Bahan dasar gimbap adalah nasi, daging, sayuran yang diacar atau yang masih segar. Secara tradisional nasi dibumbui dengan garam dan minyak wijen atau minyak perilla. Isinya pun beragam, mulai dari ikan (dalam bentuk fish cake), daging kepiting, telur atau daging iga sapi yang dibumbui. Sedangkan bahan sayuran adalah ketimun, bayam, wortel dan danmuji.

Gimbap dipilih sebagai makanan terfavorit dari 100 jenis masakan Korea oleh orang asing. Mingguan terbesar Kanada, straight.com menulis artikel tentang gimbap dan membandingkannya dengan sushi dengan judul Korean kimbap rolls out of sushi's shadow. Artikel itu juga menuliskan komentar: "No need for soy sauce, wasabi, or pickled ginger: kimbap stands alone. It's a star waiting to be discovered".

23. Tteok


Tteok adalah penganan atau kue asal Korea yang dibuat dari serealia, terutama beras atau ketan. Bahan dan cara pembuatan berbeda-beda menurut wilayahnya di Korea. Tteok juga dibuat sebagai kue yang rasanya manis dalam berbagai variasi rasa untuk hari-hari perayaan musim, termasuk perayaan tahun baru Korea.

Walaupun dimasak, tteok yang dibuat dari beras tidak menjadi liat sehingga dipakai untuk berbagai masakan tumis dan goreng. Tteok berbentuk batang (silinder) yang dimasak bersama gochujang dan gula pasir disebut tteokbokki. Selain tteokbokki, pojangmacha juga menjual tteok yang digoreng bersama sayuran. Tteok juga dimasukkan ke dalam berbagai masakan seperti dak galbi (galbi daging ayam). Tteokguk adalah makanan tahun baru Korea berupa tteok yang dimasak menjadi sup bersama daging sapi atau daging ayam. Bumbu sup adalah kecap asin, garam dapur, dan bawang putih.

Tteok yang dimakan sebagai kue dibuat dari ketan dengan madu atau gula sebagai pemanis. Sebagai perisa ditambahkan antara lain sejenis labu parang, kacang hijau, kacang azuki, atau wijen. Berdasarkan cara pembuatannya, tteok terdiri dari tteok yang dikukus, ditumbuk, direbus, atau ditumis. Tteok tradisional dibuat dengan cara dikukus dan disebut sirutteok (시루떡). Alat pengukus yang disebut siru (시루) dibuat dari tembikar.


Sumber: http://www.kawankumagz.com/ , DREAMERSRADIO.COM , http://dianeaninditya.wordpress.com/

3 komentar:

Valena Michelle mengatakan...

Agen Judi
Bandar Judi Online
Agen SBOBET
Agen IBCBET
Agen Casino
Poker Online
Agen Judi Terpercaya
Prediksi Bola
Agen Bola
Bola Judi
Bandar Judi
Judi Bola
Judi Bola
http://167.114.12.140/~perapatan/prediksi-skor-az-alkmaar-vs-fc-twente-4-oktober-2015/
http://167.114.12.140/~perapatan/prediksi-skor-vitesse-vs-groningen-4-oktober-2015/
http://167.114.12.140/~perapatan/prediksi-skor-celta-vigo-vs-getafe-3-oktober-2015/
http://167.114.12.140/~perapatan/prediksi-skor-chievo-vs-hellas-verona-4-oktober-2015/
http://167.114.12.140/~perapatan/prediksi-skor-willem-ii-vs-zwolle-4-oktober-2015/

Kiyai kanjeng dimas taat pribadi mengatakan...

SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

…TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

**** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

…=>AKI KANJENG<=…
>>>085-320-279-333<<<






SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

…TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

**** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

…=>AKI KANJENG<=…
>>>085-320-279-333<<<

Anonim mengatakan...

Nonton Anime terupdate bahasa indonesia Gratis hanya disini.

Posting Komentar