Minggu, 02 Februari 2014

Passing Bawah dalam Bola Voli

PASSING BAWAH BOLA VOLI
                        
Passing bawah merupakan teknik dasar bola voli. Teknik ini digunakan untuk menerima servis, menerima spike, memukul bola setinggi pinggang ke bawah dan memukul bola yang memantul dari net. Passing bawah merupakan awal dari sebuah penyerangan dalam bola voli. Keberhasilan penyerangan tergantung dari baik buruknya passing bawah. Apabila bola yang dioperkan jelek, maka pengumpan akan mengalami kesulitan untuk menempatkan bola yang baik untuk para penyerang.

Berikut tahap-tahap dalam melaksanakan passing bawah, yaitu:

1. Persiapan
  • ·         Bergerak ke arah bola dan atur posisi tubuh
  • ·         Genggam jari tangan
  • ·         Kedua tungkai merenggang santai, bahu terbuka lebar
  • ·         Tekuk lutut, tahan tubuh dalam posisi rendah
  • ·         Bentuk landasan dengan lengan
  • ·         Ibu jari sejajar, siku terkunci
  • ·         Lengan sejajar paha, punggung lurus
  • ·         Pandangan ke arah bola


2. Pelaksanaan
  • ·         Terima bola di depan badan
  • ·         Kaki sedikit diulurkan, lengan jangan diayunkan
  • ·         Alihkan berat badan ke depan
  • ·         Pukul bola jauh dari badan, gerakkan landasan ke sasaran
  • ·         Pinggul bergerak ke depan
  • ·         Perhatikan saat bola menyentuh lengan


3. Gerakan Lanjutan
  • ·         Jari tangan tetap digenggam, siku tetap terkunci
  • ·         Landasan mengikuti bola ke sasaran
  • ·         Lengan sejajar di bawah bahu
  • ·         Pindahkan berat badan ke arah sasaran
  • ·         Perhatikan bola bergerak ke sasaran 

    Beberapa kesalahan yang sering terjadi saat melakukan passing bawah dalam bola voli antara lain:
  • §   Ketika menerima bola lengan terlalu tinggi, kemudian lanjutan lengan berada di atas bahu
  • §   Tubuh terlalu rendah karena pinggang ditekuk sehingga operan terlalu rendah dan kencang, seharusnya yang ditekuk adalah lutut.
  • §   Lengan terpisah sesaat, sebelum, pada saat, atau sesaat sesudah menerima bola.
  • §   Bola mendarat di lengan daerah siku.


Teknik Passing Bawah Bola Voli

1.    Regangkan kaki sejajar bahu dan lutut agak di tekuk.
2.    Kedua tangan lurus dan dengan posisi kedua telapak tangan menyatu.
3.    Ayunkan tangan dari bawah ke atas dengan tetap mempertahankan posisi awal.
4.    Perkenaan bola ke lengan tergantung sasaran yang dituju (bila bola akan diangkat ke atas maka perkenaan bola ke tangan saat tangan lurus sejajar tanah).
5.    Perkenaan bola pada lengan bawah.

Analisa Gerakan Teknik Passing Bawah Bola Voli
Dalam olahraga bola voli terdapat berbagai macam teknik yang digunakan untuk permainan bola voli. Teknik tersebut antara lain: servis, passing bawah, passing atas, dan smash. Dalam permainan bola voli, teknik passing bawah paling banyak digunakan untuk itu setiap pemain harus menguasai teknik ini dengan baik. Dalam melakukan teknik passing bawah ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar passing bawah dapat dilakukan dengan baik, faktor tersebut antara lain:

1.    Posisi kaki yang berdiri depan belakang serta membentuk sudut 45 derajat saat menerima bola. Posisi kaki yang berdiri depan belakang bertujuan agar pemain tersebut lebih mudah untuk mengontrol gerakan bola, karena dengan posisi tersebut pemain akan lebih leluasa dalam bergerak kesegala arah. Hal ini akan berbeda dengan posisi kaki yang sejajar, pasti akan lebih kaku dalam bergerak serta tertinggal satu langkah dalam mengejar bola , selain itu dengan posisi kaki yang di depan belakang memiliki keseimbangan yang lebih baik. Untuk posisi kaki depan belakang yang ditekuk dan mengeper pada waktu menerima bola , hal ini bertujuan untuk menambah daya dorong tangan dan untuk mengontrol arah datangnya bola.

2.    Posisi tangan yang selalu lurus,sejajar,dan berporos pada bahu. Posisi tangan pada waktu passing bawah sangat menentukan keberhasilan passing tersebut lurus dan terarah atau tidak melenceng. Posisi tangan yang benar adalah lurus,sejajar, dan menggenggam erat, pada saat melakukan passing ayunan tangan berporos pada bahu dan dilakukan dari bawah secara pasti. Posisi tangan yang tidak sejajar dan ditekuk akan sangat mempengaruhi gerakan bola, bola akan susah dikontrol dan mudah jatuh arah bola akan naik. Berbeda dengan posisi tangan yang sejajar dan lurus bola bisa di arahkan kemana saja.

3.    Perkenaan bola dengan tangan. Selain posisi kaki dan tangan ada faktor yang mempengaruhi yaitu perkenaan bola dengan tangan. Hal ini akan berpengaruh terhadap arah bola, perkenaan yang benar yaitu di atas pergelangan tangan dan di bawah ruas siku. Mengapa demikian? Karena bagian tersebut merupakan bagian yang datar dan sejajar yang apabila digunakan untuk passing perkenaan bola akan tepat dan pantulan bola akan lurus.

4.    Regangkan kaki sejajar bahu dan lutut agak di tekuk. Posisi kaki harus diperhatikan renggangkan kaki sejajar bahu dengan tujuan agar kaki bisa menopang berat badan dengan seimbang dan stabil pada saat melakukan passing. Kemudian lutut agak ditekuk bertujuan pada saat melakukan passing harus mengikuti arus datangnya bola dan bisa meredam kecepatan bola, sehingga pantulan bola pada lengan bawah bisa terarah dengan maksimal.

5.    Ayunkan tangan dari bawah ke atas dengan tetap mempertahankan posisi awal. Pada saat passing arah ayunan harus dari bawah ke atas dengan tetap mempertahankan posisi awal agar pantulan perkenaan bola pada lengan bawah tepat pada bidang yang datar, dengan mempertahankan posisi awal bertujuan agar posisi tangan tidak berubah dan tetap sejajar.


Sumber: http://saranghaesamsoon.blogspot.com/

4 komentar:

khusnul marlia mengatakan...

Rajalistrik.com

PURNAMA mengatakan...

terimakasih informasinya
dari dulu saya sangat hobi denganpermainan bola voli, agar kita juga bisa meningkatkan teknik dasar bola voli, terutama dalam meningkatkan teknik smash, dan bisa menjadi pemain bola voli yang handal.titip juga donk rpp penjas kurikulum 2013 untuk smp nya terimakasih salam kenal gan...
wah artikelnya sangat bagus sekali gan, sesekali tolong posting dong mengenai RPP KURIKULUM 2013, terutama RPP PENJASORKES SMP KOMPLIT KURIKULUM 2013, MAUPUN RPP PENJAS KURIKULUM 2013 UNTUK SMK/MA SERTA PERANGKAT RPP KURILUM 2013 YANG LAIN, terimakasih salam kenal gan...
baca juga artikel berikut gan:
teknik dasar bola voli
soal-soal cpns tkb dan tkd
info olahraga
cara mudah membuat email gmail
rule of Volleyball
sejarah perkembangan sistem operasi
RPP KURIKULUM 2013
Cara mudah membuat email gmail untuk pemula
belajar seo

AsianBrilliant and SmartSukses mengatakan...

Teman - teman kesulitan untuk Belajar Komputer karena kesibukan? kini kami memfasilitasi kursus komputer jarak jauh via online, silahkan kunjungi website kami di asianbrilliant.com, Master Komputer, Kursus Online, Kursus Jarak Jauh, Kursus Programming, Kursus Desain Grafis, Ilmu Komputer

Ayah, Bunda..butuh guru untuk mengajar anak-anak dirumah ? kami memfasilitasi 1000 guru untuk anak-anak ayah dan bunda datang kerumah, silahkan kunjungi website kami di smartsukses.com, Bimbingan Belajar, Les Private, Les Privat, Les Private Mata Pelajaran, Guru Datang Ke Rumah, Guru Private

Anonim mengatakan...

Nonton Anime terupdate bahasa indonesia Gratis hanya disini.

Posting Komentar