Rabu, 29 Januari 2014

Fakta Industri Musik di Korea Selatan




1. Di Korea mau jadi artis gak gampang, ada 2 syarat utama, tampang dan skill.. tapi skill nomer 1 karena penampilan bisa diubah. Operasi plastik atau perawatan misalnya.

2. Sekedar info, salah satu perusahaan entertainment Korea, SM Entertainment, biasanya nyari ‘calon artisnya’ yg mukanya fresh, rambutnya bagus, gigi putih, dan double eyelids.

3. Kalau pengen di trainee jadi artis manajemen tertentu biasanya ada 3 tahap audisi yang harus dilalui.

4. Umur ‘calon artis’ yg dicari biasanya antara 12-17tahun.. dengan waktu trainee yg panjang tapi sesuai sih sama hasilnya.

5. Untuk para trainer (calon artis yg belum debut) semua kebutuhan ditanggung manajemen tapi pas udah debut biasanya sistem pembagian hasilnya kurang fair, lebih banyak ke pihak manajemen.. itungannya bayar biaya selama si artis di trainee gitu.

6. 3 Manajemen besar di korea, JYP Entertainment, YG Entertainment, SM Entertainment.

7. Penyanyi korea yg masih muda-muda (kayak kpop grup gitu) disebut IDOL disana.

8. Nah kalau grup-grup yang baru debut disebut rookie group dan biasanya ga terlalu di gubris orang korea sana.

9. Rookie grup biasa debut di acara music populer di korea, MNet Countdown, Inkigayo, Music Bank, dan Music Core.

10. Kalo suatu grup/artis bisa menang 3 award dari acara music yang populer tersebut, mereka disebut Triple Crown.

11. Artis wajib ngikutin schedule yg udah dibuat manajemen selama 24 jam per 7 hari! makanya mereka harus tinggal di dorm / asrama khusus.

12. Katanya nih wajah-wajah melayu susah kalo mau debut di korea soalnya orang korea kurang suka muka melayu (kyk muka org indo ) -_-

13. Menjadi penyanyi adalah harapan hampir 80% orang tua di korea, karena kesuksesannya pasti luar biasa.

14. Korean fans itu loyal banget! mereka rela ngabisin uang buat beli CD, poster, dan barang2 lainnya yg berhubungan dgn idol mereka. *yg jelas ini bukan gue --*

15. CD/Calendar/dan merchandise KPOP lainnya adalah barang yg paling laris di korea. Justru produk- produk kayak kosmetik, baju, dll adalah nomer kesekian buat mereka alias ga penting-penting banget!

16. Kebanyakan korean fans cuma punya 1 fandom / fanbase / fansclub, ga lebih! paling banyak 2-3 deh.. mereka konsisten! kalo udah dari awal suka sama satu grup, sampe kapanpun ga bakal ganti tapi tetap ada pengecualian.. misal fandom awal mereka ELF, sampe kapanpun mereka ELF.. kalo misal suka Shinee jg, mereka ga akan menyebut diri mereka Shawol.Paling kalo sekedar suka mereka cuma nyebut diri mereka Shinee’s fans atau SNSD’s fans bukan fandom! fandom mereka cuma 1.

17. Karena ke konsistenan mereka itu, walopun ada artis dihadapan mereka, mereka ga bakal peduli kalau itu bukan bias / artis idola mereka! gitu juga dengan K-Drama, mereka katanya cuma mau nonton kalo yg main itu salah satu dari kpop grup favorit mereka. jadi jangan heran kalo ketemu orang korea trus kamu tanya “kenal sama artis …. gak?” trus dia jawab ga kenal padahal artis famous.

18. Penjualan album KPOP juga pasti melunjak kalo lagi comeback! biasanya 1 orang fans bisa beli lebih dari 5 CD KPOP yg sama!! alasannya? karena penjualan album kpop itu yg menentukan peringkat kpop idol favorit mereka di chart seperti dosirak, soribada, dll! menurut Korean Fans bukan fans beneran kalo ga bela-belain beli album idol favorite mereka karena masuk korean chart penting bgt!!

19. Dikorea, ga cuma anak muda yg demen kpop, kalo lagi fanmeeting jangan kaget tiba2 liat ahjumma / ibu- ibu ikutan ngantri.

20. Orang korea cinta bgt sama budaya mereka, dan artis2nya dlm kesempatan yg pas diwajibkan mempromosikan apa aja tentang korea.

21. Kalo di SM audisi menuntut Skill dan Fisik, kalo di JYP.. Selain 2 hal tersebut, nilai rapot juga ikut menentukan lolos gak nya. Waktu mau audisi di JYP mereka wajib menunjukan rapot mereka, dan harus ranking! Misalnya udah lolos audisi di JYP, tapi beberapa waktu kemudian nilai rapotnya turun drastis, bakal dapet peringatan, setelah dapat peringatan dan nilai rapot tetap rendah, maka siap- siap dikeluarin deh dari jyp.

22. Di korea pernah ada pepatah “kalau kamu ga bisa sukses dibawah SM Ent, berarti dibawah manajemen manapun ga akan pernah sukses”

23. Persaingan para idol di korea itu kuat banget loh, makanya mereka ga takut buat oplas sana-sini biar ga kalah saingan. Ga jarang ada artis yg bunuh diri karena ga mampu bersaing dengan artis-artis lainnya O.O

24. SME adalah salah satu perusahaan yang berpengaruh di korea! karena artis dibawah manajemen mereka biasanya slalu sukses

25. Ada bebrapa manajemen yg mewajibkan artisnya tinggal di dorm, kalo asli dr luar daerah, mereka harus mau pindah ke seoul

26. Korean fans suka ngasih hadiah bintang buat artisnya karena menurut mereka bintang itu abadi dan bakal diingat terus :’)

27. Korean fans ga peduli idolnya oplas atau ga, menurutnya yg penting gimana idolnya sekarang bukan dulunya!

28. YG ga peduli penampilan seseorang, yg terpenting skill nya bkn sekedar bagus tapi Luar Biasa dan orang tersebut pekerja keras.

29. Perbandingan artis yg debut dan artis yg gagal disaat bersamaan adalah 1:10. Maksudnya kalo hari ini ada 1 artis yg debut, berarti disaat yg sama ada 10 artis yg gagal atau dikeluarin dari manajemennya.

30. Korean fans ga ragu buat mendonasikan uang mereka dlm jumlah besar buat fandom mereka, makanya fandom sana kaya-kaya.

31. K-pop mahal untuk diproduksi. Grup2 ini diproduksi, memerlukan tim manajer, asisten koreografer dan pakaian, serta bertahun2 pelajaran menyanyi, pelatihan tari, akomodasi dan biaya hidup. Biaya produksi ini dapat menambahkan hingga beberapa ratus ribu dolar. Tergantung pada kelompok, beberapa perkiraan mengatakan itu adalah lebih dari satu juta. Tapi penjualan musik di Korea Selatan sendiri tidak menutup investasi itu. Untuk semua gairah mereka, banyaknya penggemar tidak cukup membayar untuk K-Pop.

0 komentar:

Posting Komentar